SLIDE1

Header Ads

Contoh RPP Tematik K-13 Kelas 1 SD Tema Aku Istimewa

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SD Negeri Lamper Kidul 01 Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Diriku Sub Tema 4 Aku Istimewa Disusun Oleh: Novita Dyah Pratiwi 11120144 TAHUN PELAJARAN 2014/2015 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SD N Lamper Kidul 01 Kelas / Semester : 1 / 1 Tema : Diriku Sub Tema : Aku Istimewa Pembelajaran ke : 1 Alokasi waktu : 1 Hari A. KOMPETENSI INTI 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru. 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah. 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. B. KOMPETENSI DASAR Bahasa Indonesia 3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman. 4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. SBdP 3.1 Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi. 4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar. 4.10 Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan rangsangan bunyi. PPKn 3.3 Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah. 4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah. C. INDIKATOR Bahasa Indonesia 3.1.1 Menjelaskan karakteristik masing-masing siswa 4.1.1 Membandingkan gambar SBdP 4.1.1 Menggambar diri berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya 4.10.1 Menirukan gerak alam melalui Permainan PPKn 3.3.1 Menjelaskan perbedaan karakteristik teman di kelasnya 4.4.1 Menunjukkan sikap menerima keberagaman di antara teman-temannya di sekolah D. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Melalui pengamatan terhadap temannya menggunakan cermin, siswa mampu menjelaskan perbedaan dan persamaan karakteristik masing-masing siswa dengan tepat. 2. Setelah mendengar penjelasan dari guru, sisiwa dapat membandingkan gambar yang terdapat di buku siswa dengan benar. 3. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan sikap menerima atas perbedaan dan persamaan karakteristik siswa di kelasnya dengan baik. 4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat melengkapi gambar berdasarkan ciri-ciri yang ada dengan tepat. 5. Dengan melakukan permainan, siswa dapat bergerak mengikuti aturan permainan dengan benar. E. MATERI PEMBELAJARAN Mengamati Wajah dan Mengenal Ciri-ciri yang Dimiliki (terlampir) F. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN Pendekatan : Scientific Strategi : Cooperative Learning Teknik : Example Non Example Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah G. KEGIATAN PEMBELAJARAN Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Kegiatan Pendahuluan 1. Guru membuka pelajaran dengan salam. 2. Guru memimpin doa untuk mengawali pembelajaran. 3. Guru mengabsen siswa. 4. Guru memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran. 5. Guru menyampaikan bahwa setiap orang itu istimewa. Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 10 menit Kegiatan Inti 1. Guru menuliskan tema pembelajaran yang akan berlangsung. 2. Dengan bantuan guru siswa membentuk kelompok. Satu kelas terdiri atas 5-6 kelompok. 3. Guru menyampaikan bahwa manusia mempunyai perbedaan dan persamaan baik tentang kesukaan maupun tentang bagian-bagian tubuh yang dimiliki. Seperti sama-sama memiliki dua mata, dua kaki, dan dua tangan. 4. Guru menunjukkan sebuah media gambar tentang perbedaan dalam diri seseorang. 5. Siswa mengamati gambar tersebut. 6. Secara acak, guru mempersilahkan siswa untuk menjawab pertanyaan. 7. Siswa diminta mengamati gambar di buku siswa. 8. Siswa berkelompok dan bercermin secara bergantian mengamati bentuk mata, hidung, warna rambut dan temukan ciri khusus lainnya seperti tahi lalat. 9. Guru membagikan lembar kerja untuk siswa. 10. Usai menggambar, siswa diminta untuk saling membandingkan gambar yang telah dibuat. 11. Siswa mengamati persamaan dan perbedaan diantara keduanya (meliputi bentuk mata, hidung, mulut dll). 12. Siswa menyampaikan hasil pengamatannya di depan kelas sambil menunjukkan gambar masingmasing. 13. Siswa lain dapat memberikan pendapatnya. 14. Guru memberikan reward kepada siswa yang berani menyampaikan hasil pengamatannya di depan kelas dan berani memberikan pendapat kepada yang maju. 15. Setelah selesai, semua pekerjaan dikupulkan dan yang paling bagus ditempel di kelas. 16. Guru mengajak siswa menyimpulkan kegiatan yang baru saja dilakukan, yaitu bahwa setiap orang memiliki perbedaan yang merupakan keunikan yang diberikan Tuhan kepada setiap orang. Oleh karena itu, setiap orang harus mensyukurinya dan menerima perbedaan yang ada sebagai bagian dari karunia Tuhan. 17. Guru melanjutkan kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu “ Ular Naga” karya Ibu Sud. 18. Guru memperlihatkan lirik lagu “ Ular Naga” karya Ibu Sud kepada siswa. 19. Guru memberi contoh bagaimana cara menyanyi lagu “ Ular Naga” karya Ibu Sud. 20. Kemudian siswa bersama-sama menyanyikan lagu tersebut. 21. Setelah semua siswa menyanyikan lagu, siswa diajak untuk memainkan permainan ular naga. 22. Guru menjelaskan aturan bermain “Ular Naga” 23. Minta dua orang siswa untuk menjadi penjaga. 24. Penjaga menggabungkan kedua tangannya membentuk terowongan. Masingmasing penjaga memilih kata rahasia, misalnya penjaga satu ‘apel’ dan penjaga kedua ‘jeruk’. Kata rahasia bisa berupa nama warna, makanan kesukaan, dan lainlain. Kata rahasia harus dipilih oleh siswa lain yang tertangkap. 25. Siswa-siswa lainnya berperan menjadi ular, berbaris panjang dengan memegang bahu teman di depannya. 26. Rangkaian ular, berjalan bersama dalam barisan, berputar-putar mengelilingi dan memasuki terowongan sambil menyanyikan lagu “Ular Naga”. 27. Saat lagu berakhir, anak yang berada tepat di bawah terowongan, ditangkap oleh penjaga. 28. Anak yang tertangkap diminta memilih salah satu kata rahasia yang ada, misalnya, “Pilih apel atau jeruk?”. Jika yang dipilih adalah apel, maka anak tersebut berdiri di belakang penjaga yang mempunyai kata rahasia apel, jika pilihannya jeruk, maka dia berdiri di belakang penjaga dengan kata rahasia jeruk. 29. Usai bermain, guru menjelaskan mengenai sikap kerjasama dan menaati aturan yang ada dan yang menang tidak boleh sombong. 30. Guru memberikan reward bagi kelompok yang menang. 150 menit Kegiatan Penutup 1. Guru menanyakan kembali, materi apa saja yang siswa dapat setelah mengikuti pembelajaran hari ini. 2. Siswa dapat menanyakan materi atau hal-hal yang sulit atau belum dipahami. 3. Setelah semua siswa paham, siswa mengerjakan lembar evaluasi yang dibagikan guru. 4. Siswa diberikan waktu untuk mengerjakan. 5. Guru mengoreksi soal evaluasi. 6. Guru memberikan pesan moral sebelum siswa pulang ke rumah. 7. Guru memimpin doa penutup. 15 menit H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN Sumber Pembelajar: - Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. - Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013). - Buku iswaTema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013). Media Pembelajaran: - Gambar perbedaan masing-masing individu - Cermin, - Kertas untuk menggambar - Teks lagu Ular Naga (terlampir) I. PENILAIAN 1. Penilaian sikap Nontes (penilaian proses) : rubrik (lembar observasi/pengamatan) 2. Penilaian pengetahuan Tes : tes objektif 3. Penilaian keterampilan Nontes (penilaian proses dan unjuk kerja) : tes praktik (permainan ular naga) 4. Instrumen berupa tes dan non tes (terlampir) 5. Kunci jawaban dan pedoman penskoran (terlampir) Mengetahui Guru Pamong Suwandi MS. S. Pd. NIP. 19600618 198903 1 005 Semarang , 22 Agustus 2014 Guru Praktikan Novita Dyah Pratiwi NPM. 11120144 Lampiran 1 Rancangan Media Media Gambar LIRIK LAGU “ULAR NAGA” KARYA IBU SUD Lampiran 2 MATERI AJAR Dengarkan dan tirukan bacaan yang dibacakan oleh gurumu! Setiap orang istimewa. Setiap orang memiliki kelebihan. Setiap orang juga memiliki kekurangan. Kita harus menghargai kelebihan orang lain. Kita juga harus menghargai kekurangan orang lain. Kelebihan dan kekurangan adalah karunia Tuhan. Amati gambar di bawah ini. Apa persamaan mereka? Apa perbedaan mereka? Setiap anak istimewa. Kita berbeda tetapi saling menyayangi. Mengamati Diri Sendiri dan Teman Berdirilah di depan cermin. Lakukan bersama temanmu. Apa yang sama? Apa yang berbeda? Ceritakan di depan kelas. Ayo lakukan! Nyayikan lagu di atas sambil bermain. Cara bermain Ular Naga 1. Minta dua orang siswa untuk menjadi penjaga. 2. Penjaga menggabungkan kedua tangannya membentuk terowongan. Masing-masing penjaga memilih kata rahasia, misalnya penjaga satu ‘apel’ dan penjaga kedua ‘jeruk’. Kata rahasia bisa berupa nama warna, makanan kesukaan, dan lainlain. Kata rahasia harus dipilih oleh siswa lain yang tertangkap. 3. Siswa-siswa lainnya berperan menjadi ular, berbaris panjang dengan memegang bahu teman di depannya. 4. Rangkaian ular, berjalan bersama dalam barisan, berputar-putar mengelilingi dan memasuki terowongan sambil menyanyikan lagu “Ular Naga”. 5. Saat lagu berakhir, anak yang berada tepat di bawah terowongan, ditangkap oleh penjaga. 6. Anak yang tertangkap diminta memilih salah satu kata rahasia yang ada, misalnya, “Pilih apel atau jeruk?”. Jika yang dipilih adalah apel, maka anak tersebut berdiri di belakang penjaga yang mempunyai kata rahasia apel, jika pilihannya jeruk, maka dia berdiri di belakang penjaga dengan kata rahasia jeruk. 7. Demikian seterusnya sampai seluruh siswa habis tertangkap dan berbaris dibelakang salah satu penjaga sesuai kata rahasia yang dipilih. Lampiran 3 LEMBAR KERJA SISWA Petunjuk: gambarlah sesuai yang kalian amati Lampiran 4 KUNCI JAWABAN Pasangkan kolom A dengan kolom B A B 1. Apa perbedaan mereka? Tidak sama Ular Naga 2. Apa perbedan anak dan Ibu pada gambar? Tinggi badannya berbeda Sama 3. Apakah mereka sama? Mereka berdua sama sama laki-laki dan warna baju yang merepa pakai sama yaitu warna biru 4. Apa yang sama? Laki- laki dan perempuan 5. Apa nama permainan yang terlihat pada gambar? Rambut mereka berbeda, yang satu panjang dan yang satu pendek Lampiran 5 EVALUASI Nama : ......................................................................... No. Absen : .................. Pasangkan kolom A dengan kolom B A B 1. Apa perbedaan mereka? Tidak sama Ular Naga 2. Apa perbedan anak dan Ibu pada gambar? Tinggi badannya berbeda Mereka berdua sama –sama laki-laki 3. Apakah mereka sama? Sama 4. Apa yang sama? Laki- laki dan perempuan 5. Apa nama permainan yang terlihat pada gambar? Baju yang dipakai sama Lampiran 6 INSTRUMEN PENILAIAN 1. PENILAIAN SIKAP Sikap yang dikembangkan Indikator Disiplin 1. Datang tepat waktu 2. Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah 3. Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai waktu yang ditentukan 4. Tertib dalam mengumpulkan tugas 5. Selalu mengerjakan piket kelas Percaya diri 1. Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu. 2. Mampu membuat keputusan dengan cepat 3. Tidak mudah putus asa 4. Tidak canggung dalam bertindak 5. Berani presentasi di depan kelas 6. Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan Bekerjasama 1. Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah 2. Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan 3. Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan 4. Aktif dalam kerja kelompok 5. Menolong teman Rubrik penilaian sikap No. Nama Siswa Disiplin Percaya Diri Kerjasama BT MT MB SM BT MT MB SM BT MT MB SM 1 Heikky Alviansyah Nugraha 2 Aldo Destanio 3 Alif Hidayatullah 4 Alvian Dwi Pangestu 5 Amanda Diaz Al-Farisi 6 Andien Nafiya Rahmadani 7 Ardana Putra Pratama 8 Aska Surya Ilham 9 Athaya Zafira 10 Bintang Noer Andhini 11 Cinta Islamy Sunyoto Putri 12 Daniel Arya Maulana 13 David Julian Mahardika 14 Diah Ayu Kussianningtias 15 Gita Putri Sayekti 16 Hadrian Gani Arkananta 17 Halilintar Efga Rizqiyan 18 Heri Setyawan 19 Jesika Rahmayanti 20 Mahda Putri Dwi Nansyah 21 Mahesa Rambu Anarky 22 Marvel Bagus Fahreza 23 Meizzaluna Malva Calya 24 Muhammad Rasyiid Ramadhan 25 Nabila Setya Dewi 26 Najwa Kayla Az Zahra 27 Najwa Putri Anindya 28 Najwa Zahra Atika 29 Naufal Aziz Adipratama 30 Nayla Qonita Yuditua 31 Novita Dwi Rahmawati 32 Oji Rahmadani Setiawan 33 Rinjani Alfiani 34 Risma Privta Maharani 35 Rizky Adi Firmansyah 36 Stifen Yardan *) Guru member tanda (V) pada setiap kriteria sesuai dengan nilai karakter yang muncul dari siswa Keterangan : Tahapan perkembangan nilai karakter sebagaimana tercantum dalam Kerangka Acuan Pendidikan Karakter (Kemendiknas, 2010) meliputi: BT: Belum Terlihat, apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator karena belum memahami makna dari nilai itu (Tahap Anomi). MT: Mulai Terlihat , apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten karena sudah ada pemahaman dan mendapat penguatan lingkungan terdekat (Tahap Heteronomi). MB: Mulai Berkembang, apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten, karena selain sudah ada pemahaman dan kesadaran juga mendapat penguatan lingkungan terdekat dan lingkungan yang lebih luas (Tahap Sosionomi). SM: Sudah Membudaya, apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten karena selain sudah ada pemahaman dan kesadaran dan mendapat penguatan lingkungan terdekat dan lingkungan yang lebih luas sudah tumbuh kematangan moral (Tahap Autonomi). 2. PENILAIAN PENGETAHUAN TES OBJEKTIF Pasangkan kolom A dengan kolom B A B 1. Apa perbedaan mereka? Tidak sama Ular Naga 2. Apa perbedan anak dan Ibu pada gambar? Tinggi badannya berbeda Mereka berdua sama –sama laki-laki 3. Apakah mereka sama? Sama 4. Apa yang sama? Laki- laki dan perempuan 5. Apa nama permainan yang terlihat pada gambar? Baju yang dipakai sama 3. PENILAIAN KETERAMPILAN a. Penilaian Unjuk Kerja Rubrik mengenal dan menyampaikan pendapat tentang ciri-ciri teman. No. Kriteria Baik Sekali (4) Baik (3) Cukup (2) Perlu bimbingan (1) 1. Kemampuan mengenal ciri-ciri teman Siswa mampu menyebutkan 4 atau lebih ciri­ciri teman Siswa mampu menyebutkan 3 ciri­ciri teman Siswa mampu menyebutkan 2 ciri­ciri teman Siswa mampu menyebutkan 1 ciri­ciri teman 2. Kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat Tidak terlihat ragu­ragu Terlihat ragu-ragu Memerlukan bantuan guru Belum Menunjukkan kepercayaan diri b. Penilaian Observasi (pengamatan) No. Kriteria Terlihat (v) Belum Terlihat (v) 1. Kemampuan mengikuti instruksi 2. Koordinasi gerakan kepala, kaki, dan tangan
Contoh RPP Tematik K-13 Kelas 1 SD Tema Aku Istimewa Contoh RPP Tematik K-13 Kelas 1 SD Tema Aku Istimewa Reviewed by nov_eels on 06.29.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Advertise

Diberdayakan oleh Blogger.